Suzie Sastra Inspirasi

Minggu, 19 Juli 2009

RESENSI


MENJADI PRIBADI YANG UPDATE

Judul Buku : Let’s Update Your Life
Penulis : Intan Amlan
Penerbit : Garailmu
Jumlah Halaman : 155 halaman
Cetakan : 1, Juni 2009

Diri dan pribadi kita ibarat mesin waktu yang membutuhkan perawatan dan pemeliharaan terus menerus. Layaknya komputer kehidupan, jiwa kita juga rentan dengan berbagai virus dan penyakit-penyakit yang dapat menghambat kerja-kerja dan vitalitas hidup kita. Bukan tidak mungkin virus-virus ini akan mematikan makna hidup kita, menghentikan mobilitas dan aktivitas kebaikan yang bermanfaat pada diri. Oleh sebab itu, idealnya diri kita juga mempunyai stok anti virus yang senantiasa kita gunakan untuk mengupdate dan membunuh segala macam virus-virus dan penyakit yang akan menggerayangi kehidupan kita.

Secara alamiah kita memiliki berbagai potensi dalam diri kita yang dapat kita gunakan sebagai antivirus kehidupan kita. Persoalannya, kita kurang menyadari potensi ini, bahkan membiarkannya mati tanpa nilai. Jika kita tak pandai memperbaharui dan memaksimalkan potensi diri kita, maka makna update yang kita cita-citakan serta merta akan berubah menjadi outdate. Hanya ada dua pilihan yang dapat kita tempuh, update potensi atau teroutdate potensi.

Intan Amlan (alm.) penulis muda yang tercatat sebagai pengurus Forum Lingkar Pena Riau, dalam bukun perdananya Let’s Update Your Life menyajikan deretan abjad yang ia formulasikan menjadi rumus jitu tips mengupdate potensi diri kita, diantaranya; A (Allah), B (Baca), C (Cinta), D (Dengarkan), E (Etika), F (Fakkir/pikir), G (Gali), H (Humor), I (Inspirasi), J (Janji), K (Kreatif), L (Lakukan), M (Motivasi), N (Nikmat), O (Orang lain), P (Prioritas), Q (Quran), R (Rasakan), S (Senyum), T (Tawadhu), U (Utamakan), V (Variasikan), W (Waktu), X (X-tra), Y (Yakin), Z (Zikrul maut).

Tips jitu yang tak kalah pentingnya dalam mengupdate potensi diri adalah bagaimana kejelian kita dalam memanfaatkan waktu yang tersedia. Waktu yang bermanfaat adalah waktu yang senantiasa kita isi dengan hal-hal bermanfaat, tak hanya bagi diri kita, tapi juga untuk orang-orang di sekitar kita. Waktu yang bermanfaat juga dikorelasikan dengan seberapa besar nilai-nilai kebaikan yang kita persembahkan kepada pencipta kita. Karena hidup kita hakikatnya berada dalam genggaman Sang Pencipta.

Buku motivasi yang ditulis mahasiswa jurusan fisika FMIPA UR semester sembilan ini menyajikan gaya bahasa yang dibangun sedekat mungkin dengan para pembaca. Ringan dan mudah dipahami, penggunaan kata ganti teman dan kawan pada buku ini mengisyaratkan jiwa si penulis yang ingin mendekatkan emosionalnya dengan para pembaca. Meskipun buku ini adalah kado penulis pertama dan terakhir untuk keluarga dan rekan-rekan se-komunitasnya, paling tidak kehadiran buku ini menjadi spirit baru bagi penulis muda di Riau. Sehingga buku ini layak dibaca oleh para calon-calon penulis muda di Riau sebagai alat motivasi, orang-orang yang ingin merubah alur hidupnya lebih bermakna, serta mereka-mereka yang tak kunjung menemukan kebahagiaan dan ketentraman dalam hidupnya. (Oleh: Sugiarti/ Bergiat di Bulletin Ar-Royyan UR & Forum Lingkar Pena Riau)




PESAN NAFIAH


codebase="http://download.macromedia.com/pub/shockwave/cabs/flash/swflash.cab#version=8,0,0,0"
width="400" height="56" id="TextSpace">






LCD Text Generator at TextSpace.net

 

Home | Blogging Tips | Blogspot HTML | Make Money | Payment | PTC Review

Nafiah AlMa'rab © Template Design by Herro | Publisher : Templatemu