Suzie Sastra Inspirasi

Selasa, 29 Maret 2011

Waspadai Bahaya Facebook!!


Kenapa Facebook Berbahaya?

Facebook sebagai salah satu jejaring sosial terpopuler beberapa tahun belakangan ternyata dirasakan cukup memberi aneka dampak bagi kehidupan sosial masyarakat. Dampak tersebut bisa bersifat positif maupun negatif. Tergantung bagaimana si pengguna memanfaatkan saran pertemanan global tersebut. Dampak negatif pada jejaring sosial facebook berujung pada bahaya facebook yang mengancam kehidupan sosial dunia nyata. Meskipun operasi kerja jejaring sosial ini berada di dunia maya, pengaruh signifika telah dirasakan oleh masyarakat di dunia nyata.

Facebook merupakan salah satu alat kecanggihan teknologi buatan manusia. Ia akan memberi manfaat atau pun bahaya tergantung bagaimana cara pemiliknya menggunakan alat tersebut. Sama halnya dengan teknologi lain, tips penggunaan facebook yang aman diperlukan untuk mengantisipasi berbagai bahaya facebook yang cukup meresahkan kehidupan sosial. Beberapa negara besar bahkan telah memblokir jaringan facebook dari negara mereka, dengan alasan begitu besarnya bahaya facebook yang dirasakan oleh warga negaranya.


Bahaya-bahaya Facebook

Ada banyak bahaya facebook yang kita lihat telah terjadi akibat penggunaan sarana ini yang salah kaprah oleh si pengguna. Berikut ini berbagai bentuk bahaya dan dampak negatif yang akan muncul dari penggunaan facebook yang tidak benar;

1. Memicu munculnya kejahatan dunia nyata dan dunia maya

Kejahatan yang dimunculkan dari jejaring sosial facebook mencakup dua aspek yakni dunia nyata dan dunia maya. Kejahatan dunia maya yang kita lihat saat ini adalah semakin gencarnya para hacker yang mencuri akun-akun para pengguna facebook untuk kepentingan bisnis. Akun yang sudah di-hack oleh para hacker akan dijual dengan harga tertentu kepada orang-orang yang memiliki kepentingan promosi bisinis. Tidak tanggung-tanggung, dari pekerjaan menjadi hacker, seseorang bisa membeli sepeda motor. Biasanya harga akun facebook akan semakin mahal jika jumlah teman akun tersebut cukup banyak. Kejahatan maya lainnya adalah upaya seseorang merusak citra musuhnya di hadapan para pengguna facebook. Biasanya akun yang telah dihack tersebut akan dirusak lagi dengan ucapan-ucapan kotor di status pemilik akun.

Kejahatan alam nyata yang dipicu atas kehadiran facebook adalah aneka pencurian, penculikan dan sebagainya. Terkadang seseorang tanpa segan meng-update status facebook yang menunjukkan lokasi dimana ia berada. Para pencuri memanfaatkan hal tersebut untuk melakukan aksi kejahatan baik pada rumah si pemilik akun atau pun pada si pemilik akun itu sendiri. Inilah bahaya facebook yang sangat signifikan. Demikian juga kasus penculikan. Banyak para remaja yang begitu saja merasa percaya dengan pria-pria yang baru dikenalnya melalui jejaring sosial facebook. Kepercayaan tersebut tanpa didasari pengetahuan yang pasti atas identitas yang sebenarnya dari pria yang dimaksud. Akibatnya tak jarang banyak remaja putri yang dibawa kabur tak kembali oleh orang-orang yang baru dikenalnya melalui facebook.


2. Hilangnya privasi seseorang

Status facebook telah memancing para pemiliknya untuk men-update apa saja hal yang dirasakan, dipikirkan, dilakukan dan dialami. Bahaya facebook yang satu ini membuat setiap orang mengetahui segala macam aktivitas yang sedang kita lakukan. Bahkan saat kita merasa ngantuk, lapar, sedih dan sebagainya, seluruh teman kita di facebook akan mengetahuinya. Sebuah pertanyaan yang selalu dilontarkan di kotak status facebook, “Apa yang ada di pikiran Anda?” inilah yang menyebabkan setiap pengguna facebook latah mengungkapkan hal-hal pribadinya.


3. Menyebabkan orang malas berinteraksi sosial

Facebook telah melahirkan sebuah jendela dunia baru yang dihuni oleh para facebooker yang selalu aktif online. Bahaya facebook akan terasa apabila si pengguna menjadi lebih senang berinteraksi dengan orang-orang di dunia maya ketimbang di dunia nyata. Facebook telah menciptakan suatu sistem kehidupan layaknya dunia nyata. Teman begitu banyak tersebar di dunia maya, berasal dari berbagai negara-negara di dunia. Hal ini tentu lebih istimewa dibanding kehidupan dunia nyata. (sumber: www.anneahira.com)

0 komentar:

PESAN NAFIAH


codebase="http://download.macromedia.com/pub/shockwave/cabs/flash/swflash.cab#version=8,0,0,0"
width="400" height="56" id="TextSpace">






LCD Text Generator at TextSpace.net

 

Home | Blogging Tips | Blogspot HTML | Make Money | Payment | PTC Review

Nafiah AlMa'rab © Template Design by Herro | Publisher : Templatemu